Akankah kita tenggelam....


Seperti kapal Titanic yang sudah mau karam, dengan susah payah menyelamatkan apapun yang bisa diselamatkan, tapi tetap saja tidak bisa karena sudah mengalami kemasukan air yang terlalu banyak.

Seperti itulah kira-kira keadaan Indonesia sekarang.

Kenapa?

Indonesia sekarang benar-benar sedang mengalami krisis nasionalisme. Sudah sangat merosot, sehingga sedikit lagi saja kita sudah tenggelam. Tenggelam ke dasar yang paling dalam….

Sedih. Itu yang pertama kali gue rasakan saat ngeliat talkshow ini. Marah.Ini  jug ague rasakan. Malu. Gue rasa ini porsi nya yang paling besar.

Memang nya ada apa sih?

Talkshow itu ngebahas tentang orang Jepang yang belajar tarian tradisional Indonesia (lagi). Sudah terlalu sering gue ngelihat acara TV ngebahas tentang beginian. Udah terlalu malu gue untuk ngelihat, bahwa orang asing lebih jago nari nya daripada gue sendiri sebagai tuan rumah. Udah terlalu capek melihat kenyataan kalau kita, para orang Indonesia, tidak begitu mencintai bangsanya sendiri.

Tidakkah lo sedih melihat ini semua?

Jujur, saat gue nonton talkshow ini, gue merasa sedih, marah, dan malu. Rasanya gue pengen nangis, pengen marah. Bahkan gue sampai ngga bisa berkata apa-apa.

Terserah lo mau bilang gue lebay atau apapun. Tapi inilah yang gue rasa. Ini yang gue rasa sebagai pemuda Indonesia yang masih peduli terhadap bangsa ini. Inilah yang gue rasa sebagai pemuda Indonesia yang menginginkan perubahan. Inilah yang gue rasa sebagai pemuda Indonesia yang ingin menyebarkan rasa cinta ini kepada seluruh masyarakat yang ada di Indonesia.

Gue memang bukan pakar budaya Indonesia yang mengerti tentang segala hal mengenai Indonesia. Gue hanya pemuda biasa yang prihatin terhadap keadaan Indonesia sekarang.

Lo mikir ngga sih?

Kalau 20 tahun mendatang keadaan seperti ini tetap berlangsung, bisa-bisa kita belajar budaya Indonesia –budaya kita sendiri- ke orang-orang asing yang dulu nya (sekarang ini) sudah belajar budaya Indonesia lebih dulu.

Bayangin, kita (yang notabene adalah yang punya) malah belajar ke orang lain yang ngga ada sangkut paut nya sama bangsa ini. Lo ngga malu apa kalau kayak gitu?


Apa ini yang di namakan bangsa besar?
Bukankah bangsa besar seharusnya bisa menghargai apa yang mereka miliki?

Apakah kita sudah menghargai apa yang kita miliki?

Gue rasa belum. Kita belum bisa menghargai apa yang kita punya. Kita belum bisa peduli terhadap keadaan bangsa ini. Kita belum bisa cinta terhadap apa yang ada di bangsa ini. Bukan cuma soal budaya, segala macem tentang hal yang menyangkut Indonesia, pasti kita akan jadikan second priority daripada hal-hal yang berbau Barat (modern katanya).

Mulai dari baju, sepatu, band atau musik, artis, daaaaaannnnnnn sangat banyak lagi hal lainnya.

Banyak orang, bahkan teman-teman disekitar gue mengatakan kalau udah males sama Indonesia. “Mau pindah aja ke luar negeri, nanti kalau Indonesia UDAH bagus, baru deh gue balik kesini lagi.”

Statement yang sebenarnya menyakitkan hati. Mengingat, semakin sedikit aja pemuda yang peduli dan mau membangun Indonesia ini. Semakin rapuh aja Indonesia karena udah sangat sedikit sekali orang yang MAU mencintainya. Semakin tenggelam saja bangsa ini.

Jangan pernah lo bilang Indonesia itu bau, karena sampahnya yang amit-amit kalau lo sendiri MASIH buang sampah sembarangan. Jangan pernah lo bilang Indonesia itu malu-maluin karena kaum pengemisnya kalau lo aja ngga pernah BERUSAHA untuk mengurangi kaum itu.

Jangan pernah lo men-judge Indonesia kalau lo sedikit pun ngga pernah melakukan sesuatu untuk Indonesia yang lebih baik.

BELUM berarti AKAN.  Bukannya kita tidak bisa untuk mulai mencintai, peduli dan menghargai terhadap apa yang ada di bangsa ini, tapi kita hanya belum bisa memulai untuk itu semua. Kita hanya BELUM bisa menanamkan itu semua. Kita hanya BELUM bisa menyebarkan itu semua.

Kelihatan nya klise, tapi gue percaya memang begitu. Kita memang hanya BELUM. Tidak cukup hanya gue yang percaya, gue perlu lo semua yang membaca ini percaya. Percaya akan perubahan yang akan terjadi, yang akan kita buat untuk Indonesia. Gue butuh lo semua untuk membangun Indonesia. Gue butuh lo semua untuk membangun kembali nasionalisme yang sempat hilang. Gue yakin kita bisa, dan kita akan menjadi bangsa yang besar dengan kekuatan pemuda yang tak tertandingi!

Comments

Popular Posts