Buka Mata, Hati, dan Telinga Kamu.


Sering banget gue denger, “ ah capek hidup di Indonesia, pemerintah korupsi semua, rakyat menderita, mendingan pindah ke luar negeri aja deh.”

Sangat menyedihkan kalau buat gue, dan yang bikin sedih lagi, yang ngomong kayak gitu adalah anak muda yang semestinya bisa merubah Indonesia biar ngga kaya gini lagi.

Realistis memang, siapa sih yang ngga gerah nonton orang-orang yang ada di DPR lagi debat? Bahkan, bukan debat lagi gue rasa, perang mulut malah.

Siapa juga yang ngga gerah sama janji-janji para petinggi itu yang katanya janji bakal mengedepankan kepentingan rakyat, bla, bla, bla.

Siapa juga yang ngga gerah sama si Gayus dan sejenisnya itu? Banyak banget macam orang kayak mereka tapi selalua aja lolos dari yang namanya ketegasan hukum.
Yaiyalah lolos, lha wong oknum-oknum yang nerima duit “tambahan” lebih banyak daripada yang ngga nerima. Gimana ya?

Masalah di Indonesia, emang banyak. Buanget malahan. Sampai-sampai, terkesan, emang udah ngga bisa dirubah dan udah ngga cara untuk merubah Indonesia jadi lebih baik.

Lo kadang mikir kayak gitu ngga? Mikir, “capek mikirin Indonesia, ngga ada habisnya, mau digimanain juga tetep aja kayak gini.” Pernah kan mikir kayak gitu?

Jujur, gue ngga pernah sedikit pun mikir kayak gitu. Munafik? Terserah pandangan lo semua. Tapi, gue emang bener-bener ngga pernah mikir kayak gitu. Sayang aja kalau gue mikir kayak gitu. Iya sayang, soalnya pasti udah berjuta-juta orang yang mikir kayak gitu. Kalau gue mikir kayak gitu juga, terus siapa yang bakal ngerubah ini bangsa?

Kalau bapak-bapak, ibu-ibu, om-om, tante-tante yang mikir kayak gitu, masih mending deh, ngga terlalu berdampak terhadap kehidupan bangsa ini. Tapi kalau PEMUDA yang mikir kayak gitu? Matilah.
Ngga bakal ada yang mau dan bisa merubah ini bangsa Indonesia. Kalo bukan kita, terus yang mau ngurusin siapa lagi? Emang yang mewarisi, nerusin ini bangsa siapa? Emangnya, kalau bangsa ini ngga kita urusin, ini bangsa bisa ngurusin dirinya sendiri? Emangnya, ini bangsa bisa mikir sendiri? Ya kan ngga dong. Bangsa dibangun oleh orang-orang yang ingin menyatukan diri mereka, ya otomatis, bangsa ini juga harus diurus sama orang-orang yang udah mendirikan bangsa ini. Termasuk kita.
Ibarat kita lagi ngediriin satu ekskul, misal ekskul basket. Ya itu ekskul kan pasti punya pendiri, punya orang-orang yang menginginkan menyatukan aspirasi para anggotanya. Ya ini ekskul mesti di jaga terus biar tetep ada dan eksis. Kalau pengurus dan pendirinya aja udah males dan masa bodoh, gimana ekskul ini bisa jalan dan bisa bertahan?

Nah, sama tuh kayak kita sekarang. Lagi krisis rasa nasionalisme. Krisis banget malah. Kok nasionalisme? Apa nyambungnya? Yaiya nasionalisme, emang sekarang yang peduli sama bangsa ini ada berapa orang sih dari 200 juta rakyat Indonesia?
Sedih ya? Banget! Ini serius, bukan bullshit dan bukan karena pengen ‘dilihat’.

Kadang, kalau ngomongin tentang Indonesia, banyak banget orang yang ngeremehin dan ngegampangin, bahkan orang Indonesia itu sendiri yang ngeremehin dan ngegampangin. Seperti, “yah sepakbola Indonesia mah payah, main bentar aja udah capek. Kebobolan duluan langsung down, gimana bisa menang?”
Dan sejenisnya. Sering kan denger kayak gitu? Apa lo juga sering ngomong yang sejenis dengan itu?
Apa yang di rasa sih ya pas ngomong kayak gitu? Berasa dia bisa aja tuh ngelakuin itu semua. Berasa dia yang paling jago, yang paling bener.

Skeptis banget ya orang-orang Indonesia. Saking Indonesia ini gembel dan bobrok, sampe ngga ada yang mau nyentuh sedikitpun. Ngomongin nya aja, kadang rasanya malu.
Sedih banget loh kalo ketemu sama orang-orang kayak gitu. Rasanya pengen gue ocehin aja, tapi yaaa itu pandangan orang sih. Bebas mau gimana.

Hanya segelintir orang, -segelintir banget- yang focus dan concern terhadap Indonesia ini. Termasuk gue, gue salah satu orang yang sangat bersemangat kalo mau ngomongin Indonesia ini. Terutama gue suka banget kalo lagi ngomongin budaya Indonesia. Karena menurut gue, budaya Indonesia ini, lagi terpuruk-terpuruknya. Dan hanya segelintir orang, yang bener-bener mau belajar tentang Indonesia ini.
Dan segelintir orang juga yang mau berjuang buat ngerubah Indonesia ini. Berjuang? Emang nya masih jaman perang?

Hampir sama dengan perang yang pake senjata, tapi sekarang kita perang sama yang namanya pesimistis dan kemauan.

Sekarang ngga sedikit orang yang pesimis terhadap bangsa Indonesia ini. Dan ngga banyak orang yang mau buat ngerubah ini keadaan. Iya, jadi kita itu harus perang melawan ke-pesimistis-an dan berjuang untuk menumbuhkan kemauan. Dan itu sangat ngga mudah, butuh konsistensi yang tinggi dan bukan sekedar “on fire” saat di awal. Ini serius loh, bukan ecek-ecek.

Daritadi gue ngomong sedih mulu ya? Tapi emang serius, sedih banget kalo ada orang yang seperti itu.
Rasanya pengen teriak-teriakin kalo, Indonesia ini pasti bisa! Asal ada yang mau kita pasti bisa! Kalo bukan kita ya siapa lagi?

Rasanya pengen gue berkoar-koar, ayo dong dukung Indonesia! Kalo bukan kita ya siapa lagi? Ngga mungkin kan Negara hebat ini jadi milik nya para bule? Mau lo kekayaan yang kita punya ini malah dinikmati sama orang yang bukan siapa-siapa dari bangsa ini. Mau lo ngeliat orang lain menguasai semua harta ini, dia ongkang-ongkang kaki sementara kita cuma bisa menatap dan menyesal?

Lo mau kayak gitu? Gue sih ngga! Makannya, mulai dari hal kecil aja. Cintai budaya lo sendiri! Ngga perlu lo tau tentang semuanya dan ahli dalam semua bidang. Yang penting lo tahu, lo cintai, lalu lo tertarik, dan dari tertarik ini lo pasti bakal mencari tahu lebih dari yang udah lo tau. Kita pasti bisa! Dan gue PERCAYA, kalo kita pasti bisa!

Comments

Popular Posts